Cara Mengatur Pola Tidur Anak di Malam Hari

Cara Mengatur Pola Tidur Anak di Malam Hari
Posted by admin at May 17, 2023

Mengurus dan mengasuh anak memang bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Apalagi untuk menidurkannya di malam hari, butuh effort yang luar biasa menangani hal tersebut. Lantas, adakah cara mengatur pola tidur anak di malam hari agar ia bisa tidur pulas dan tak butuh waktu terlalu lama?

Ternyata ada lho cara yang bisa dilakukan untuk mengurus pola tidur anak di malam hari. Bagi bunda yang suka kesulitan dengan hal tersebut, di sini kita akan bagikan kunci suksesnya untuk Anda. Let’s check these out!

Cara Mengatur Pola Tidur Anak di Malam Hari

Buat jadwal aktivitas di siang hari padat

Hal pertama yang bisa diusahakan agar anak bisa tidur nyenyak di malam hari adalah membuatnya banyak aktivitas di pagi hari, siang hari atau sore hari.

Dengan aktivitas yang padat pada pagi hari, siang hari, atau sore hari, malam harinya ia akan merasa lelah sehingga cepat mengantuk. Namun pastikan jangan over stimulasi. Bunda harus tetap mengatur jadwal aktivitas apa saja yang bisa dilakukan pada pagi hari, siang hari dan sore hari serta buat jadwal jamnya.

Patuhi jadwal jam tersebut dan ajak anak melakukannya. Sementara bagi anak yang sudah masuk usia sekolah, Anda bisa menambahkan kegiatan bermanfaat di luar sekolah seperti mengajak si kecil bermain bersama di sore hari, bersepeda bersama atau lainnya.

Istirahat tidur siang jangan terlalu lama

Istirahat siang atau power nap bagi anak sangat bermanfaat. Namun harus sesuai namanya, tidur tersebut waktunya singkat saja jangan terlalu lama. Maksimal waktu power nap di siang hari sekitar 1 jam saja.

Dengan membatasi tidur siangnya untuk tidak terlalu lama, si kecil dapat terstimulasi untuk tidak terlalu lelah karena sudah beristirahat namun juga tidak kelebihan istirahat. Dengan begitu pada malam harinya ia bisa tidur nyenyak.

Biasakan untuk bangun pagi dan langsung mandi

Banyak orang tua yang terlena membiarkan anaknya bangun siang. Meski masih balita, jangan biasakan hal ini ya. Anda perlu membiasakan anak disiplin bahkan sejak dini.

Biasakan dia bangun pagi dan langsung mandi. Dengan bangun lebih pagi, besar kemungkinan si kecil tidak akan tidur terlalu larut pada malam hari karena ia memulai kegiatannya lebih awal. Selain itu, dengan membiasakan bangun pagi juga banyak manfaatnya bagi tubuh si kecil.

Usahakan perut dalam kondisi kenyang sebelum jam tidur

Misalkan Anda menetapkan jam tidur malam pukul 8 atau 9, maka pastikan sebelum pukul 8 atau 9 perut anak sudah dalam kondisi kenyang. Ajak dia makan malam sebelum tidur.

Setidaknya 2 jam atau 1,5 jam sebelum tidur pastikan anak sudah makan malam. Dengan menerapkan cara ini, anak bisa lebih cepat tidur dan ketika tidur bisa lebih pulas karena tidak merasa lapar. Sementara untuk anak yang masih bayi, kalau di malam hari ia rewel mungkin tandanya ia masih merasa lapar. Anda bisa memberikannya ASI atau susu yang biasa dikonsumsi untuk membuatnya kembali merasa kenyang.

Terapkan disiplin jam tidur pada semua anggota keluarga

Anda pasti tahu pepatah yang mengatakan bahwa anak mencontoh dan bahkan mengcopy orang tuanya serta orang – orang di sekitarnya. Oleh karena itu pastikan untuk membuat anak disiplin dengan cara menerapkan sikap disiplin juga kepada semua anggota keluarga.

Kalau anak dibiasakan tidur sebelum pukul 9, maka ajak semua anggota keluarga mematuhinya juga. Siapkan anak sebelum pukul 9 seperti dengan membantunya menggosok gigi, kemudian mengganti bajunya dengan baju tidur atau piyama dan ajak dia melakukan rutinitas sebelum tidur di tempat tidurnya.

Hal ini dapat dilakukan setiap hari untuk membuatnya bisa disiplin dengan jam tidur yang sudah dibiasakan. Jika ada anggota keluarga yang masih belum menerapkan pola disiplin sepertinya, beri dia pengertian dan alasan mengapa anggota keluarga tersebut masih belum tidur.

Misalkan kalau ayahnya harus lembur dan masih menatap laptop di jam tidur, maka berikan pengertian kepada anak kenapa ayahnya belum tidur di jam tersebut agar anak mengerti dan tidak membandingkan dirinya dengan sang ayah.

Informasi lainnya tentang cara mendidik anak, baca : Tips Parenting Ala Nikita Willy Dan Sang Suami

Baca juga : Cara Mendidik Anak Usia 2 – 3 Tahun Agar Cepat Belajar Berbicara

Itulah beberapa cara mengatur pola tidur anak yang bisa dijalankan orang tua agar anak tidak rewel ketika waktunya tidur malam dan bisa tidur malam secara on time. Selamat menerapkan pola tidur di atas, semoga sukses ya moms!