Cara Mendidik Anak Usia 2 – 3 Tahun Agar Cepat Belajar Berbicara

Cara Mendidik Anak Usia 2 – 3 Tahun Agar Cepat Belajar Berbicara
Posted by admin at April 20, 2023

Selain melatih tengkurap, merangkak, dan belajar berjalan, anak usia 2 – 3 tahun juga perlu diajari agar belajar berbicara. Lantas, seperti apa cara mendidik anak usia 2 – 3 tahun agar cepat belajar berbicara?

Ternyata, mama harus tahu bahwa mengajari anak agar berbicara ada kecakapannya. Tidak boleh terlalu memforsir, namun tetap harus dilatih dengan sabar. Berikut kami berikan beberapa tips untuk membantu memahami anak yang sedang belajar berbicara, selamat menerapkannya!

Cara Mendidik Anak Agar Cepat Belajar Berbicara

1. Ajak si kecil mengobrol

Salah satu cara mendidik anak agar cepat belajar berbicara adalah dengan mengajaknya berbicara atau mengobrol. Meski ia sulit menirukan kata – kata kita, namun tetap ajak ia mengobrol karena di sana ia akan belajar.

Ibu bisa mengajak anak berbicara setiap waktu misalkan ketika mengobrol, ketika bersantai di kamar, mengganti popok dan sebagainya. Hanya karena si anak tidak merespon, bukan berarti lantas kita diam tanpa mengajaknya berinteraksi. Lakukan interaksi dan intensitasnya perlu ditambah seiring berjalannya usia.

2. Hindari merespon menggunakan bahasa bayi

Menggunakan bahasa bayi yang cadel atau salah membuat anak yang sedang belajar bahasa merasa bahwa apa yang dikatakan tersebut benar. Jadi jangan lakukan hal tersebut.

Namun hal tersebut bukan berarti mama harus perlu mengoreksinya. Cukup tanggapi saja dengan memberi pertanyaan. Misalkan ketika si kecil mengatakan, “Inta ucu ma” (artinya minta susu ma). Jangan Anda menirukan hal tersebut melainkan bisa Anda respon dengan bertanya, “Adik ingin susu?” hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap saraf motorik anak yang sedang belajar.

3. Seringlah mengajak si kecil bermain di luar rumah

Dengan bermain di luar rumah, akan lebih banyak hal yang ia lihat. Semakin banyak hal yang ia lihat, itu artinya semakin banyak pula hal yang ia pelajari.

Misalkan ketika bermain di luar rumah, ia akan melihat kucing, tanaman, bunga, dan sebagainya. Semua itu akan menambah pengetahuan dan pastinya tabungan kosa katanya. Ketika diajak bermain di luar rumah dan kemudian anak banyak tanya, biarkan saja. Jawab pertanyaan yang dilontarkan dengan jawaban yang tepat karena hal tersebut menjadi salah satu cara ia belajar.

4. Membacakan buku cerita sebelum tidur

Mama harus tahu bahwa membacakan buku cerita sebelum tidur dapat menjadi salah satu cara stimulasi agar anak bisa cepat berbicara. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Literacy Research pada tahun 2016 juga mengatakan demikian. Jadi jangan bosan membacakan buku cerita sebelum tidur ya moms!

5. Seringlah mengajak anak bernyanyi

Mengajak anak bernyanyi juga dapat menjadi sebuah metode atau cara mendidik anak agar cepat belajar berbicara. Ada banyak lagu anak yang bisa dinyanyikan bersama si kecil mulai dari Cicak – Cicak di Dinding, Bintang Kecil, lagu Balonku dan sebagainya.

Lagu – lagu anak tersebut memang ringan, namun liriknya membuat anak cepat belajar mengingat dan meniru kata – kata yang dilantunkan.

6. Ajak ia bermain menyebutkan nama benda

Ketika si kecil menginginkan sesuatu, biasanya ia akan menunjuk benda yang diinginkan. Ketika hal tersebut dilakukan, jangan langsung memberi benda yang diinginkan tanpa membuatnya belajar.

Mama bisa memperjelas dulu benda apa yang diinginkan si kecil baru kemudian memberikannya. Misalkan ketika si kecil menunjuk gelas berisi jus di atas meja. Hindari langsung memberikan gelas tersebut ke si kecil.

Melainkan mama bisa mengajak si kecil berinteraksi terlebih dahulu, “Adik ingin jus?”. Biasanya si kecil akan merespon dengan menirukan perkataan mama atau pun mengangguk. Anda baru bisa memberikan apa yang dia inginkan setelah ia mempelajari kosa kata baru atas benda yang ia inginkan tersebut. Cara ini bisa dilakukan untuk mendidik anak usia 2 – 3 tahun atau bahkan dengan usia di bawah itu untuk belajar kosa kata baru.

7. Batasi waktu menonton TV dan bermain gadget

Studi yang dikeluarkan oleh Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics menyebutkan bahwa anak berusia 18 bulan yang menatap layar TV dan gadget terlalu lama dapat mengalami keterlambatan berbicara.

Karena itu sebisa mungkin ajak anak beraktivitas selain menonton televisi atau bermain gadget. Jika memang memperbolehkan anak menonton televisi atau bermain gadget, batasi tidak lebih dari 1 jam per hari.

Membutuhkan lebih banyak tips parenting lainnya? Baca : Tips Parenting Ala Nikita Willy dan Sang Suami

Semoga cara mendidik anak usia 2 – 3 tahun agar cepat belajar bicara yang kami bagikan dapat menjadi informasi yang menarik dan membawa manfaat.