Tips Pemulihan Pasca Melahirkan Normal yang Bunda Harus Tahu

Tips Pemulihan Pasca Melahirkan Normal yang Bunda Harus Tahu
Posted by admin at December 17, 2022

Memiliki buah hati memang menjadi hal yang sangat membahagiakan bagi seorang ibu. Hanya saja jangan sampai hal yang sangat membahagiakan tersebut menjadi bumerang bagi kesehatan diri Anda sendiri. Utamanya jika Anda melahirkan secara normal.

Pemulihan pasca melahirkan normal tetap harus diperhatikan. Berikut kami berikan beberapa tips pemulihan pasca melahirkan normal yang harus dipahami. Yuk cek bunda!

Tips Pemulihan Pasca Melahirkan Normal

1. Tidurlah secara cukup

Kebanyakan ibu yang baru saja melahirkan mengalami pergeseran waktu tidur yang biasanya bisa tidur normal, sekarang akan sering terjaga di malam hari dan baru tidur nyenyak di siang hari.

Agar ibu tidak stress dengan perbedaan waktu tidur yang signifikan, upayakan untuk ikut tidur ketika bayi sedang tidur. Sebisa mungkin, hindari aktivitas lain yang membuat Anda kehilangan lebih banyak waktu tidur agar tidak menjadi semakin lelah.

2. Mandi air hangat

Pasca melahirkan normal, akan banyak bagian persendian yang terasa nyeri. Jadi untuk meredakan nyeri dan membuat tubuh menjadi lebih rileks, Anda bisa mandi air hangat. Berendamlah di air hangat kurang lebih selama 20 menit.

Satu sampai dua minggu pasca melahirkan, sebelum dan sesudah buang air kecil pun dianjurkan untuk mengusap area perineum dengan air hangat. Langkah ini diperlukan untuk mencegah iritasi di kulit yang robek karena air seni.

3. Konsumsi makanan yang bergizi

Pola makan sehat dengan makan secara rutin dan mengonsumsi makanan bergizi perlu dilakukan untuk membantu mempercepat pemulihan. Tingkatkan asupan biji – bijian, sayuran, buah dan makanan yang mengandung protein. Pasca melahirkan, Anda juga harus menambah asupan cairan utamanya ketika sedang menyusui.

4. Jangan dulu melakukan olahraga berat

Olahraga memang penting dan bahkan siapapun wajib berolahraga. Namun pasca melahirkan, pada periode postpartum yang terjadi sesaat setelah melahirkan sampai 6 minggu atau 42 hari jangan melakukan olahraga berat dulu.

Anda bisa mulai jalan sehat dengan membawa bayi berjemur pada pagi hari. Untuk olahraga seperti boxing, atau sejenisnya ada baiknya dihindari terlebih dahulu sampai kondisi Anda benar – benar pulih.

5. Jangan segan untuk meminta bantuan

Selama masa postpartum, jangan ragu untuk meminta bantuan baik dari keluarga terdekat atau pun teman. Sekecil apapun yang harus mendapatkan bantuan, jika Anda memang merasa membutuhkannya jangan ragu untuk meminta bantuan tersebut.

6. Lakukan pengecekan rutin ke dokter

Melansir laman dari Kementerian Kesehatan, diungkapkan bahwa ibu nifas harus rutin berkonsultasi ke dokter. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi secara fisik atau pun mental, sekaligus mendeteksi masalah kesehatan yang dialami ibu dan anak pasca melahirkan.

Ibu juga akan diberikan informasi tentang cara merawat anak dan pelayanan KB. Pemeriksaan dilakukan minimal 3 kali selama nifas  berlangsung (6 minggu atau 42 hari) ke bidan atau dokter ahli.

Pemeriksaan tersebut biasanya terbagi ke dalam beberapa tahap sebagai berikut :

  • Pemeriksaan pertama, 6 jam – 3 hari setelah melahirkan
  • Pemeriksaan kedua, hari ke-4 sampai 28 hari setelah melahirkan
  • Pemeriksaan ketiga, hari ke-29 sampai hari ke-42 pasca melahirkan

Sementara untuk bunda yang masih belum melahirkan dan ingin mempersiapkan proses persalinan normal, baca : Cara Melahirkan Normal Agar Tidak Sakit

Demikian sedikit informasi yang kami dapat sampaikan terkait tips pemulihan pasca melahirkan normal yang bunda harus tahu. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi informasi yang inspiratif bunda!