Cara Melahirkan Normal Agar Tidak Sakit

Cara Melahirkan Normal Agar Tidak Sakit
Posted by admin at December 13, 2022

Baik melahirkan secara normal atau pun melahirkan secara Caesar sebenarnya sama saja. Terpenting adalah ibu dan anak bisa terselamatkan dalam proses melahirkan tersebut. Hanya saja, setiap ibu rata – rata menginginkan mampu melahirkan bayinya secara normal. Lantas, cara melahirkan normal agar tidak sakit seperti apa?

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi lengkapnya untuk Anda terkait bagaimana tips dan trik yang bisa dicoba untuk mengurangi rasa sakit dalam melahirkan secara normal. Jadi simak informasi lengkap berikut!

Cara Melahirkan Normal Agar Tidak Sakit

1. Pelajari soal persalinan

Tak ada yang salah dengan mempelajari berbagai hal terkait persalinan. Dengan mempelajari terkait persalinan tentu saja informasi yang Anda miliki akan semakin banyak dan wawasan Anda semakin luas sehingga Anda bisa lebih mempersiapkan diri.

Anda bisa belajar tentang persalinan melalui berbagai macam sumber mulai dari mengikuti kelas prenatal, sharing dengan keluarga atau teman, mempelajari melalui buju atau majalah dan melalui situs website yang terpercaya.

2. Ciptakan suasana yang tenang

Menghadapi persalinan memang cenderung cemas. Namun jangan ikuti rasa cemas tersebut melainkan mulai biasakan diri untuk menciptakan suasana tenang. Anda perlu tahu bahwa kecemasan dan ketakutan ketika akan melahirkan dapat membuat situasi menjadi semakin tegang.

Namun sebaliknya, dengan berusaha tenang akhirnya Anda bisa lebih berkonsentrasi dan fokus untuk menciptakan hal – hal baik di otak dan alam pikir Anda.

Anda bisa mulai menguatkan diri Anda sendiri agar bisa menghadapi persalinan lebih tenang, dengarkan ceramah sesuai keyakinan dan agama Anda, memutar musik yang menenangkan atau bercerita tentang perasaan Anda kepada keluarga. Semua itu bisa menjadi suatu usaha yang dilakukan dalam rangka menciptakan suasana yang lebih tenang.

3. Melakukan relaksasi

Ada berbagai teknik relaksasi yang Anda bisa coba dalam menghadapi rasa sakit selama kontraksi persalinan dihadapi, salah satunya adalah progressive relaxation. Progressive relaxation ini bisa dilakukan dengan cara menundukkan kepala atau mengangkat kedua kaki.

Anda juga bisa melakukan relaksasi mental yang bisa dilakukan dengan cara mengalihkan pikiran pada gambar atau suara yang dapat membuat Anda jadi lebih tenang.

Bayangkan juga tentang sesuatu yang indah ketika Anda mulai tegang karena memikirkan apa yang akan terjadi di persalinan. Misalkan membayangkan tentang kegembiraan menjadi seorang ibu atau membayangkan tentang betapa indahnya arti nama yang sudah Anda persiapkan untuk si kecil.

Ingin tahu tips dalam pemilihan nama? Baca : Tips Memilih Nama Anak Untuk Pasangan Muda

4. Menggunakan teknik hypnobirthing

Apa yang dimaksud dengan teknik hynobirthing?

Jadi teknik hypnobirthing merupakan suatu terapi hipnoterapi mandiri yang bisa dipelajari dari kelas prenatal atau melalui buku – buku. Teknik ini bermanfaat dalam membantu merileksasikan badan, mengurangi kecemasan dan menurunkan rasa sakit ketika proses melahirkan.

5. Terapi sentuhan

Sentuhan nyatanya dapat menjadi salah satu cara mengurangi rasa sakit. Jadi mintalah pendamping Anda untuk mengelus – elus punggung Anda bagian bawah. Genggaman tangan, memijat dan memeluk juga dapat menjadi salah satu terapi yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit ketika melahirkan.

Jadi sangat dianjurkan bagi para suami untuk mendampingi istri ketika sedang melahirkan. Jika memungkinkan, terapi sentuhan bisa dilakukan dengan memanfaatkan titik – titik akupresur untuk memberikan induksi persalinan secara alami.

6. Atur nafas Anda

Menarik nafas dalam – dalam dapat membantu menambah oksigen yang masuk ke dalam tubuh sampai ke rahim sehingga dapat membantu melancarkan proses konstraksi yang Anda sedang alami.

7. Berjalan

Ada berbagai posisi melahirkan normal yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses persalinan.

Selain itu sebelum proses melahirkan normal, Anda juga bisa berjalan – jalan. Anda harus tahu bahwa dengan bergerak, mengubah posisi atau berjalan hormon endorfin dapat semakin baik sehingga Anda pun akan lebih rileks.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat sampaikan terkait cara melahirkan normal agar tidak sakit. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat khususnya bagi ibu – ibu muda yang sedang mempersiapkan diri untuk melahirkan secara normal.