Syarat MP-ASI Anak yang Mama Harus Tahu

Syarat MP-ASI Anak yang Mama Harus Tahu
Posted by admin at February 22, 2023

MP-ASI atau makanan pendamping ASI merupakan makanan yang diberikan kepada anak dengan usia cukup untuk menerima makanan lain sebagai pendamping ASI. Jadi si anak sudah tidak mendapatkan ASI eksklusif lagi dan perlu dikenalkan dengan beberapa makanan.

Namun memberikan MP-ASI pada anak juga ada syaratnya. Apa sajakah syarat – syarat penting yang harus diperhatikan dalam pemberian MP-ASI kepada anak?

Syarat MP-ASI Anak

Ada empat bagian usia dalam pemberian makan terhadap anak yang perlu diperhatikan yaitu :

Bagian pertama : menyusu dini pada waktu minimal satu jam segera setelah lahir yang dilakukan untuk memberikan kolostrum ASI dan dilakukan untuk bonding serta berkhasiat membantu pertumbuhan otak anak agar dapat lebih maksimal.
Bagian kedua : menyusui bayi eksklusif yang dilakukan dalam kurun waktu 6 bulan
Bagian ketiga : pemberian MP-ASI yang adekuat, tepat dan juga aman untuk si kecil.
Bagian keempat : menyusui yang dilakukan sampai anak berusia dua tahun atau pun lebih.

Namun memang harus diakui bahwa setiap anak berbeda – beda. Jika ragu dan ingin tahu perkembangan buah hati Anda pastikan mengonsultasikannya dengan dokter anak yang lebih paham perkembangan anak Anda karena kebutuhan setiap anak atau bayi pasti berbeda.

Selain hal di atas, ada syarat lain dalam pemberian MP-ASI yang harus diperhatikan yaitu berkaitan dengan bagian usia ketiga yang disebutkan di atas. Berikut penjelasannya :

1. Adekuat

Adekuat artinya MP-ASI yang diberikan kepada anak dengan mempertimbangkan jumlah, frekuensi, tekstur atau kekentalan atau konsistensi serta variasi pada makanan.

Adapun variasi pada MP-ASi sendiri yang bisa dikolaborasikan terdiri atas :

  • Makanan pokok terdiri atas beras, biji – bijian, gandum, sagu, jagung, umbi, singkong, kentang, dan lain – lainnya.
  • Makanan sumber protein hewani yang terdiri atas ikan, ayam, daging, udang, telur, susu, hati dan berbagai bentuk olahannya.
  • Lemak yang didapatkan dari minyak ayam. Anda bisa memanaskan kulit ayam dan mengambilnya sebagai lemak untuk ditambahkan pada MP-ASI anak.
  • Protein nabati seperti kacang hijau, kedelai, kacang tanah, kacang polong dan lainnya.
  • Buah dan sayur yang juga mengandung vitamin A dan C seperti mangga, jeruk, tomat, bayam, wortel dan lainnya.

2. Tepat

Dalam pemberian MP-ASI secara tepat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai pedomannya yaitu :

  • MP-ASI anak diberikan harus secara teratur pada pagi, siang, sore atau pun menjelang malam.
  • Lama pemberian makan secara maksimal adalah 30 menit
  • Lingkungan harus netral, artinya anak diajarkan makan dengan hanya melakukan makan tidak sambil bermain atau menonton televisi.
  • Ajari anak untuk bisa makan sendiri dengan sendok dan minum dengan gelas di meja makannya.

3. Aman

MP-ASI yang diberikan kepada anak harus aman artinya harus dengan memperhatikan tingkat kebersihan makanan dan memperhatikan juga peralatan yang digunakan.

Orangtua atau pengasuh yang akan memberikan makanan kepada anak harus memastikan sudah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum makanan tersebut disiapkan atau dihidangkan kepada anak agar makanan tersebut steril.

4. Anak sudah menunjukkan keinginan untuk makan

Ciri dan sekaligus syarat anak sudah perlu MP-ASI adalah ketika ia sudah memperlihatkan keinginannya untuk mengenal makanan atau ada keinginan makan dengan cara membuka mulutnya.

Biasanya anak yang sudah dapat diperkenalkan dengan MP-ASI, ketika lapar ia akan memposisikan tubuhnya ke depan atau ke arah makanan sebagai tanda lapar. Sementara ketika ia merasa kenyang atau tidak ingin makan biasanya akan menarik tubuhnya menjauh dari makanan.

Ketika mengenalkan MP-ASI kepada anak, di awal MP-ASI mungkin ritme makannya tidak teratur. Anda harus pelan – pelan mengenalkan kepada anak ritme makan yang teratur dan sesuai kebutuhan. Pastikan makanan yang diberikan juga sehat dan bergizi, bukan sembarang makanan.

Terkait menu MP-ASI, bagi Anda yang ingin memberikan MP-ASI untuk bayi 6 bulan baca : Menu MP-ASI Anak Usia 6 Bulan Enak dan Bergizi, Moms Cek Yuk!

Demikian informasi yang kami dapat bagikan terkait syarat MP-ASI anak yang Anda harus tahu dan pahami. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi informasi yang inspiratif dan membawa manfaat khususnya bagi mama muda yang sedang bersiap untuk MP-ASI si kecil.