Fakta Karakter Anak Sulung, Cek Karakter Anak Anda Di Sini!

Fakta Karakter Anak Sulung, Cek Karakter Anak Anda Di Sini!
Posted by admin at September 22, 2022

Meski karakter anak sejatinya terbentuk karena hasil didikan orang tua, namun posisi anak di dalam keluarga juga cukup menentukan karakternya. Misalkan anak sulung, anak tengah dan anak bungsu biasanya memiliki karakter yang berbeda.
 
Nah, kalau dilihat berdasarkan posisinya tersebut bagaimana sifat unik atau karakter unik anak pertama atau anak sulung? Yuk mari kita cek dulu fakta karakter anak sulung dalam ulasan berikut ini!

Fakta Karakter Anak Sulung

1. Memiliki intelligence atau tingkat kecerdasan yang tinggi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Gilmore (2016) menyatakan bahwa urutan kelahiran anak tidak berpengaruh terhadap kepribadiannya, akan tetapi berpengaruh terhadap intelegensi. Biasanya anak yang lahir pertama cenderung memiliki tingkat intelegensi lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang lahir setelahnya namun dengan jarak yang cukup jauh.

Sebagai contoh anak pertama dengan anak keempat. Utamanya jika keluarga tidak memberikan perlakuan, perhatian dan pola didikan yang sama maka hal tersebut akan berpengaruh.

2. Cenderung menjadi pemimpin

Anggapan bahwa anak sulung memiliki jiwa pemimpin yang tinggi bukan common sense atau isapan jempol saja. Riset memberikan bukti bahwa anak sulung ternyata memang memiliki kecenderungan berperan sebagai pemimpin. Hal tersebut disebutkan Black, 2017.

Terlebih jika anak pertama memiliki beberapa adik. Sikap tegas dan kepemimpinannya akan aktif. Ia juga akan lebih suka memastikan apakah adik – adiknya sudah mendapatkan perlakuan yang baik atau tidak dari orang – orang sekitar. Sikap kepemimpinannya tersebut juga keluar dari instingnya untuk melindungi adik – adiknya.

3. Bersikap mandiri

Masih berkaitan dengan sikap kepemimpinannya, anak pertama cenderung lebih mandiri. Hal tersebut tidak serta merta terjadi begitu saja melainkan berasal dari kebiasaan dan didikan orang tuanya.

4. Mampu lebih mudah menguasai bahasa asing

Bukannya anak kedua, anak ketiga dan anak bungsu tidak bisa mempelajari bahasa asing. Mereka bisa kok tapi biasanya anak pertama cenderung lebih suka mengeksplor suatu hal yang baru karena jiwa petualang dan rasa ingin tahu yang lebih tinggi dibandingkan adik – adiknya.

Hal tersebut yang juga melatarbelakangi kondisi mengapa anak pertama lebih mudah dalam menguasai bahasa asing. Anggapan ini lagi – lagi bukan common sense. Keller, dkk pada tahun 2015 pernah melakukan riset yang hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan bahasa asing anak pertama sebagai bahasa kedua lebih baik dibandingkan anak tengah atau anak bungsu.

5. Anak pertama memiliki self esteem yang tinggi

Nhandi (2017) melakukan sebuah penelitian di Tanzania dan melaporkan bahwa hasilnya anak sulung cenderung memiliki self esteem yang tinggi dibandingkan anak tengah atau anak bungsu. Hal tersebut dibuktikan dengan tingginya prestasi baik dari segi akademik atau di dunia kerja.

6. Tegas dalam menetapkan sebuah keputusan

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Campione-Barr, dkk (2015) didapatkan kesimpulan bahwa anak sulung selalu dituntut mandiri. Hasilnya mereka tidak hanya mandiri melainkan juga cenderung memiliki rasa tegas dalam pengambilan keputusan.

Mereka juga biasanya sudah memikirkan tentang konsekuensi apa yang akan didapatkan dari suatu keputusan yang telah diambil.

7. Cenderung lebih perhatian

Fakta dan karakter lain dari anak pertama cenderung perhatian. Hal ini tak bisa dipungkiri karena sikap tanggung jawabnya dapat diandalkan dimana hal tersebut menjadikan anak jadi lebih peduli dan berempati dengan orang lain yang berada di sekitarnya.

8. Cenderung perfeksionis

Mengutip dari National Physicians Center, anak pertama cenderung memiliki kepribadian perfeksionis. Ketika merasa tertantang dengan suatu tugas yang harus diselesaikan, anak pertama bukannya menyerah melainkan merasa harus mampu menakhlukkannya.

9. Memiliki attachment style yang sehat

Dalam sebuah penelitian tahun 1997 oleh Buunk, dinyatakan bahwa kelekatan anak dengan orang lain dipengaruhi oleh urutan kelahiran. Biasanya anak sulung akan cenderung membangun suatu attachment yang lebih sehat dibandingkan orang lain. Sementara anak bungsu akan cenderung mudah cemburu.

Akan tetapi ada peran serta dari pengasuhan orang tua di dalamnya sehingga pernyataan tersebut masih mengandung pengecualian yaitu dikaitkan dengan parenting style orang tua.

Baca juga : Cara Mendidik Anak Agar Patuh Kepada Orang Tua

Itulah fakta karakter anak sulung yang perlu dipahami dan dipelajari. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi informasi yang inspiratif dan membawa manfaat.