Cara Mendidik Anak Agar Patuh Kepada Orang Tua

Cara Mendidik Anak Agar Patuh Kepada Orang Tua
Posted by admin at September 22, 2022

Setiap orang tua pasti ingin agar anaknya tumbuh dengan kepribadian yang baik dan pastinya patuh terhadap orang tua. Lantas, bagaimana cara mendidik anak agar patuh kepada orang tua?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua sebagai upaya untuk memberikan didikan patuh sejak dini kepada anak. Berikut tips dan trik mendidik anak yang tepat agar menjadi pribadi patuh dengan orang tua. Cek yuk!

Cara Mendidik Anak Agar Patuh Kepada Orang Tua

1. Membuat dan membangun suatu aturan yang jelas

Ada banyak cara mendidik anak agar patuh kepada orang tua. Tidak harus dengan membentak ketika anak sedang melanggar aturan atau berbuat salah. Berteriak dan marah tidak akan pernah menjadi satu – satunya jalan terbaik untuk memberitahu anak bahwa apa yang dilakukannya salah.

Justru berteriak dan malah akan menyakiti anak dan tidak akan membuat anak sadar dan mengerti tentang kesalahan apa yang telah diperbuatnya. Oleh sebab itu, jika selama ini bunda melakukan hal yang demikian, ubahlah sedari sekarang.

Tak ada yang terlambat dengan mengubah. Buat suatu aturan yang jelas tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Bantu anak menaati semua aturan tersebut. Jika dilanggar, bicarakan baik – baik kepada anak dan konsekuensi apa yang harus diterima karena melanggarnya.

2. Kenali faktor yang dapat memicu emosi terjadi pada diri anak

Meski marah atau tantrum bukan hal yang bisa dibenarkan, namun hal tersebut adalah lumrah. Semua anak pasti pernah melakukannya. Tugas orang tua ketika anak mengalami kondisi tersebut adalah memberi pemahaman kepada anak bahwa ia tidak boleh bersikap seperti itu.

Bantu anak untuk mengenali apa yang menjadi penyebabnya sampai emosi seperti itu. Berikan dukungan, beri waktu untuk anak tenang dan biarkan ia berusaha menjelaskan apa yang menjadi penyebabnya emosi sedemikian rupa.

Jika sudah tenang, mulai bicaralah padanya tentang bagaimana ia harus menghadapi dan bagaimana sikap anak yang baik kedepannya jika mengalami kondisi atau merasa hal serupa.

3. Bangun kebiasaan untuk mau mendengar

Meski orang tua perlu memberi perintah, akan tetapi tetap mendengarkan apa yang menjadi perkataan dan apa yang ingin anak sampaikan tetap menjadi keharusan bagi orang tua.

Jadi cobalah bangun kebiasaan untuk mendengarkan cerita anak. Mungkin bisa dilakukan setiap sebelum tidur atau ketika menemaninya tertidur. Atau bisa dilakukan juga setelah waktu makan, sambil menemani anak main dan sebagainya.

Sempatkan waktu untuk mengetahui apa yang dirasakan anak apakah ia sedang kesal, lelah, ada tugas sekolah yang sulit, teman yang nakal atau sebagainya.

4. Diskusikan konsekuensi negatif

Ketika anak melanggar aturan, berikan penjelasan tentang konsekuensi negatif apa yang akan terjadi jika anak melanggar peraturan. Setelah didiskusikan, buat kesepakatan apakah anak menerima konsekuensi atau tidak. Setelah dibuat konsekuensi pastikan ketika tiba waktu anak melanggar aturan atau membuat kesalahan jalankan konsekuensi tersebut. Namun pastikan konsekuensi negatif yang diambil tidak membahayakan nyawa sang anak ya moms!

5. Beri contoh yang baik kepada anak

Beri contoh yang baik. Jika Anda ingin mendidik anak agar patuh kepada orang tua, mulailah diri Anda sendiri dulu.

Jika Anda seorang ibu, berikan contoh bahwa Anda merupakan seorang istri yang patuh kepada suami. Atau jika ada di hadapan orang tua atau mertua tunjukkan sikap bahwa Anda adalah anak yang patuh selama apa yang dikatakan atau diminta orang tua dan mertua benar.

Dari tindakan Anda anak bisa mencontoh apa yang Anda lakukan karena orang tua merupakan panutan utama dan pertama dari anak – anaknya.

6. Bersikaplah konsisten

Jadilah contoh yang konsisten dan jika anak melanggar pastikan konsekuensi yang sudah disepakati dilakukan secara konsisten juga. Hal tersebut sangat penting agar anak tidak menjadi pribadi yang mengentengkan segala sesuatu.
 
Selain perlu mendidik anak agar menjadi pribadi yang patuh kepada orang tua, mendidik anak agar menjadi pribadi yang tak mudah menyerah juga sangat diperlukan. Cara mendidiknya seperti apa? Baca : Cara Mendidik Anak Agar Tidak Menjadi Pribadi yang Mudah Menyerah

Demikian sedikit informasi yang kami dapat sampaikan terkait cara mendidik anak yang tepat agar patuh kepada orang tua. Semoga anak – anak kita kelak menjadi pribadi yang baik dan patuh dengan nasihat orang tuanya ya.