10 Rangkaian nama bayi laki-laki dan perempuan Jawa keraton yang indah

10 Rangkaian nama bayi laki-laki dan perempuan Jawa keraton yang indah
Posted by admin at January 14, 2021

Memberi nama untuk calon buah hati memang terkadang susah-susah gampang. Orang tua mengingkan nama yang bagus karena akan terus menjadi doa bahkan identitas bagi anak tersebut. Begitu juga dengan orang Jawa, pemberian nama bayi baik laki-laki atau perempuan merupakan sesuatu yang sangat amat berarti. Di samping itu, nama bayi untuk anak Jawa harus mengikuti pada pedoman primbon Jawa. Pada umumnya akan diadakan acara adat yang berisi rangkaian pemberian nama bayi. Acara pemberian nama dilakukan 35 hari setelah kelahiran buah hati.

Masyarakat Jawa percaya dengan memberikan nama harus dilakukan perhitungan Jawa dengan baik karena akan memberikan kebaikan dan hal-hal positif kepada bayi tersebut. Orang tua juga mengingkan anaknya bisa menjadi anak yang berguna, memiliki hati yang baik dan juga bijaksana. Kami ingin memberikan rekomendasi rangkaian nama bayi jawa keraton untuk ayah bunda.

  1. Bagus Baskara

Baskara memiliki arti penerang di dalam Bahasa Jawa. Ini memberikan harapan kepada anak agar selalu bersinar selama hidupnya. Bagus Baskara berarti seorang laki-laki penerang yang selalu membawa kebaikan.

  1. Daryata Hardiyata

Daryata artinya ketabahan sedangkan untuk Hardiyata memiliki arti pemimpin yang selalu memberi petunjuk. Daryata Hardiyata memiliki makna pemimpin akan memberi petunjuk dan selalu diberi ketabahan yang luar biasa.

  1. Hattala Gamya

Salah satu rangkaian nama bayi laki-laki yang mungkin bisa dijadikan referensi adalah Hattala Gamya. Keseluruhan makna dari Hattala Gamya adalah anak yang akan bertingkah laku baik dan manis seperti madu. Jadi, hattala berarti madu sedangkan Gamya adalah perilaku yang baik.

  1. Laksana Madaharsa

Tak kalah indah juga nama yang satu ini, Laksana Madaharsa. Pemilihan nama bayi Jawa Keraton juga memiliki arti yang luar biasa yaitu, seorang anak yang memberikan pertanda baik di keluarganya dan membawa banyak cinta.

Setiap kata memiliki arti masing-masing, Laksana berarti pertanda yang baik sedangkan Madaharsa  berarti cinta.

  1. Ismayono Nadindra

Salah satu nama jawa yang juga sering digunakan adalah Ismoyono. Nama ini memiliki arti kebijaksanaan dan Ismoyono berarti sungai yang besar dan dalam. Jadi, ayah dan bunda bisa menggunakan nama Ismoyono Nadindra.  Arti keseluruhan dari Ismoyono Nadindra adalah seorang anak yang akan tenang seperti sungai dan bijaksana.

  1. Karisma Jatmiko Baharu

Jika ayah dan bunda ingin memberi nama calon bayi dengan arti bahwa kelak anaknya akan menjadi anak yang berperilaku sopan bahkan santun dengan siapapun. Bunda bisa menggunakan nama Karisma Jatmiko Baharu, arti dari nama tersebut adalah pemimpin yang berperilaku sopan dan membawa perubahan untuk orang lain.

  1. Jayastu Labda Kacaya

Orang tua Jawa ingin memberikan nama kepada calon anak dengan makna terbaik dan dipercaya membawa kebaikan. Nama yang juga kami rekomendasikan untuk rangakaian nama bayi laki-laki, yaitu Jayastu Labda Kacaya. Labda memiliki arti cerdas sedangkan Kacaya berarti dinaungi. Untuk jayastu dapat bermakna sebagai semoga anak selalu menang.

Arti keseluruhan dari Jayastu Labda Kacaya adalah seorang anak yang selalu menang, cerdas dan dinaungi dimanapun ia berada.

  1. Jayati Ningsih Sastro

Rangkaian nama bayi Jawa keraton yang juga bisa jadi referensi untuk ayah bunda adalah Jayati Ningsih Sastro. Ini sangat cocok untuk seorang bayi perempuan, arti nama tersebut adalah seorang anak perempuan yang penyayang dan memiliki wawasan luas.

  1. Faranisa Puspa Zahra

Rekomendasi nama bayi Jawa keraton untuk anak perempuan adalah Faranisa Puspa Zahra. Arti dari nama tersebut adalah seorang anak perempuan yang selalu ceria dan cantik.

  1. Kirana Ailani Damayanti

Selanjutnya rangkaian nama bayi Jawa keraton untuk calon bayi perempuan adalah Kirana Ailani Damayanti.

Ayah dan Bunda harus tahu arti nama Kirana Ailani Damayanti adalah anak perempuan yang akan menjadi pemimpin yang bijaksana, berada di jalan yang benar dan terpuji. Nama ini sangat cocok jika ayah dan buda berikan kepada calon buah hatinya nanti. 

Itulah beberapa rangkaian nama-nama bayi Jawa Keraton yang indah dan unik. Semoga bermanfaat untuk ayah dan bunda yang sedang mencari nama untuk calon buah hatinya.