Maksud Nama Dalam Islam

Maksud Nama Dalam Islam
Posted by admin at November 15, 2019

Nama merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi manusia. Bagi orang tua, pemilihan nama ini harus dipikirkan dengan baik dan matang. Maksud nama dalam islam adalah sebuah doa yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya, sehingga perlu dipilihkan kata-kata yang terbaik. Anda bisa menggunakan nama yang berasal dari bahasa jawa, inggris, arab atau lain sebagainya. Hal paling penting adalah anda harus tahu apa maksud nama tersebut, begitu juga jika anda menggunakan nama yang berhubungan dalam islam.

5 Nama Laki-Laki Islam Dengan Maksud Baik

Ada beberapa nama laki-laki dalam islam yang memiliki maksud sangat baik, sehingga bisa dijadikan pilihan untuk anda yang ingin menamai anaknya.

1. Muhammad Rasydan Umar
Nama ini diambil dari 3 kata yang semuanya memiliki arti sangat baik. Muhammad merupakan nama Rasulullah SAW yang artinya adalah yang terpuji atau yang dirahmati. Rasyad memiliki arti yang mendapatkan petunjuk, sehingga diharapkan anak yang memiliki nama ini di dalam hidupnya selalu mendapatkan petunjuk dari Allah swt. Sedangkan umar merupakan nama sahabat baik Rasulullah s.a.w sekaligus salah satu khalifah dalam islam. Umar sendiri memiliki arti yang memakmurkan, sehingga harapannya anak tersebut dapat memakmurkan orang-orang yang disekitarnya, termasuk orang tua dan keluarganya.
2. Abdul Basit Aalam
Nama islam ini memiliki maksud yang sangat baik, yang diambil dari dua kata bahasa Arab. Di dalam bahasa Arab, Abdul Basit memiliki arti hamba Allah yang melimpah nikmatnya, sedangkan Aalam memiliki arti dunia. Sehingga arti nama ini adalah agar anak tersebut menjadi hamba Allah yang memiliki limpahan nikmat dunia.
3. Ahmad Afeef Ariq
Nama ini terdiri atas 3 kata yang memiliki arti sangat baik sehingga cocok digunakan untuk anak anda. Ahmad memiliki arti terpuji, Afeef artinya mempunyai harga diri dan Ariq artinya bijaksana. Sehingga jika digabungkan nama ini memiliki maksud agar anak tersebut memiliki akhlak yang terpuji, bijaksana serta harga diri yang tinggi.
4. Amsyar Hilman
Nama ini terdiri dari dua suku kata yang diambil dari bahasa arab, keduanya memiliki arti yang baik. Maksud nama ini dalam islam adalah orang cerdas yang sabar. Dengan nama ini diharapkan anak anda bisa memiliki kepintaran di atas rata-rata tetapi tetap sabar dalam menghadapi segala ujian yang ada di dunia.
5. Abdullah Alamgir
Nama ini sangat bagus digunakan bagi anda yang optimis dengan masa depan anak yang anda miliki. Abdullah memiliki arti sebagai hamba allah sedangkan Alamgir artinya adalah penakluk dunia. Sehingga nama ini memiliki maksud supaya anak anda bisa menjadi seorang hamba Allah yang dapat menaklukan dunia (sukses).

 

5 Nama Perempuan Islam Dengan Maksud Baik

Anak perempuan pun harus anda berikan nama dengan maksud yang baik. Berikut ini adalah beberapa pilihan nama islam yang menjadi rekomendasi Kami.

1. Syifaa Kayyisa
Nama ini selain enak untuk didengar juga berarti sangat baik. Syifa artinya penyembuh sedangkan Kayyisa memiliki arti bijaksana.
2. Keisha Amalia Putri
Nama ini memang sudah sering digunakan di Indonesia, artinya adalah seseorang putri yang baik dengan penuh cita-cita.
3. Aini Nur Alimah
Nama ini memiliki maksud agar anak tersebut bisa menjadi seseorang yang memiliki seorang yang berpengetahuan yang memiliki mata bercahaya.
4. Dhia Raisha Aliyah
Diambil dari tiga suku kata bahasa arab yaitu Dhia yang artinya sinaran, Raisha yang artinya puteri dan Aliyah yaitu yang paling mulia.
5. Hisanah Iklinah
Hisanah memiliki arti sebagai cantik sedangkan Iklilah artinya permata. Harapannya anak perempuan anda yang memiliki nama ini bisa menjadi seseorang yang cantik bagaikan sebuah permata dunia.

 

Itulah beberapa maksud nama dalam islam yang bisa digunakan untuk anak laki-laki dan perempuan anda.