Arti Al Malik dan Cara Meneladaninya

Arti Al Malik dan Cara Meneladaninya
Posted by admin at September 19, 2021

Sebagai umat Muslim, pastinya Anda mengerti bahwa Allah SWT memiliki 99 nama baik yang dikenal dengan nama Asmaul Husna. Sifat-sifat baik dari Allah SWT ini biasanya dijadikan sebagai doa atau dzikir sehabis salat dengan tujuan agar kita sebagai manusia selalu mengingat Allah SWT dengan segala kebaikan-Nya yang telah diberikan oleh kita sebagai manusia.

Perlu Anda ketahui bahwa Asmaul Husna ini memiliki arti yang menyebutkan sifat dan kekuasaan yang dimiliki-Nya. Kita sebagai umatnya dalam berdoa minimal mengetahui artinya dan lebih baik lagi meneladani sifat yang dimiliki oleh Allah SWT. Pada kali ini akan dibahas untuk Anda tentang salah satu nama Allah SWT yaitu Al Malik. Al Malik artinya apa? Bagaimana cara meneladaninya? Berikut ini adalah jawaban untuk Anda.

Arti Al Malik dalam Asmaul Husna

Salah satu nama baik Allah SWT yang ada di dalam Asmaul Husna adalah Al Malik. Nama yang satu ini juga banyak disebutkan di dalam kitab suci Al Quran. Pada kali ini kita akan belajar bersama tentang Al Malik artinya apa dan bagaimana cara meneladani nama baik yang dimiliki oleh Allah SWT. Penasaran? Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

  1. Arti Al Malik dalam Nama-Nama Baik Allah SWT

Al Malik sebagai salah satu nama baik yang tercantum dalam Asmaul Husna memiliki arti yang baik. Arti dari Al Malik dikenal dengan arti Maha Raja, Maha Mengusai, atau Maha Memiliki. Sudah dijelaskan sebelumnya jika nama Al Malik ini sering muncul dalam ayat suci Al Quran.

Salah satunya sering diucapkan oleh umat Islam saat salat yaitu dalam Surat Al fatihah. Pada surat Al Fatihah, penyebutan Al Malik ada pada ayat 4 yang memiliki arti “Yang Menguasai hari pembalasan”. Ini artinya Allah SWT yang memiliki nama Al Malik adalah mengusai segala hal yang ada di bumi. Allah SWT merajai seluru makhluk ciptaan-Nya dan menjadi raja dari segala raja yang telah diciptakan oleh-Nya.

  1. Al Malik banyak muncul di Ayat Suci Al Quran

Al Malik adalah nama Allah SWT yang sering muncul dalam ayat suci Al Quran. Dari berbagai ayat suci inilah Al Malik memiliki beberapa arti yang menunjukkan bahwa Maha Memiliki, Maha Raja, Maha mengusai.

Pada surat An Nas ayat 1-2 disebutkan Al Malik yang menjelaskan bahwa Allah adalah pemilik semua manusia yang ada di alam semesta. Pada Al Mu’min ayat 16 dikatakan juga bahwa Allah SWT memiliki semua kerajaan yang ada di alam semesta dan disebutkan juga bahwa Allah Maha Mengalahkan. Lalu pada Al An’nam ayat 73 dikatakan bahwa Allah SWT adalah pemegang segala kekuasaan.  Dari semua arti inilah yang membuat Al Malik memiliki banyak arti.

  1. Keutamaan Membaca Al Malik

Adapun keutamaan jika Anda membaca Al Malik setiap hari. Ada yang menyebutkan bahwa jika Anda menyebutkan nama Al Malik sebanyak 100 kali di waktu tergelincirnya Matahari, niscaya hati orang yang membacanya akan menjadi bersih dan dijauhkan dari penyakit hati yang kotor.

Anda bisa mengamalkan setiap hari dan wallahu a’lam Anda bisa mendapatkan keutamaan dari membaca Al Malik setiap hari.

Pada akhirnya Al Malik dengan arti Maha Memiliki atau Maha Raja ini memberikan pelajaran bahwa segala sesuatu-Nya adalah kekuasaan dari Allah SWT. Sehingga kita yang mempercayai Islam wajib mempercayai salah satu Asmaul Husna yaitu Al Malik.

Meneladani Sifat Al Malik dalam Kehidupan Sehari-Hari

Selain digunakan untuk berdoa dan berdzikir, kita sebagai umat Muslim wajib juga meneladani nama baik dari Allah SWT. Dengan meneladani nama Allah, hidup kita akan lebih baik dan tenang dalam menjalaninya. Selain itu dengan meneladani salah satu dari Asmaul Husna, harapannya kita sebagai manusia bisa mengerti bahwa segala sesuatunya bisa dipelajari dan diambil hikmahnya. Berikut ini adalah cara meneladani Allah SWT melalui Al Malik artinya dan meneladaninya.

  1. Bersyukur dengan Nikmat Allah SWT

Sebagai manusia yang selalu mengharapkan iman yang stabil bahkan meningkat, terkadang selalu melupakan hal yang namanya bersyukur. Pada dasarnya dengan meneladani nama Al Malik yang dimiliki oleh Allah SWT, maka kita sebagai manusia harus bersyukur karena telah diberikan nikmat dan karunia dari kekuasaan yang dimiliki oleh Allah SWT.

Kita sebagai manusia juga harus bersyukur bahwa rezeki yang diberikan oleh Allah SWT berasal dari usaha manusia dan dilihat oleh Allah SWT. Sehingga jika tidak mensyukuri apa yang diberikan oleh Allah SWT menandakan bahwa orang tersebut tidak memahami bahwa Allah adalah Maha Raja dengan segala kekuasaannya. Jadi, jangan lupa ucapkan syukur setiap hari kepada Allah SWT.

  1. Menyadari Bahwa Manusia Memiliki Batasan dan Tidak Bisa Melebihi Allah SWT

Jika meyakini Allah dan mempelajari Al Malik artinya seperti yang dijelaskan, maka sebagai manusia sudah harus menyadari jika memiliki batasan. Jika ada manusia yang menganggap tidak memiliki batasan dalam melakukan sesuatu hal, maka ada yang bisa lebih lagi dalam melewati batasannya yaitu Allah SWT.

Selain itu dengan menyadari bahwa sebagai manusia ini memiliki batasan, maka semakin besar doa dan harapan yang harus di panjatkan kepada Allah SWT agar selalu diberikan kemudahan dalam menjalani hidup. Sehingga Anda bisa hidup lebih tenang dan bisa memudahkan Anda dalam menjalani hidup karena semuanya akan dibantu oleh Allah SWT.

  1. Mengendalikan Nafsu

Salah satu cara meneladani Al Malik adalah dengan mengendalikan nafsu. Seperti sejarah Islam, saat itu sedang perang Uhud dan mengalami kekalahan. Hal ini dikarenakan umat Islam saat ini tergoda dengan harta rampasan perang. Karena tidak bisa menahan nafsu untuk mendapatkan banyak harta Allah mengurangi kekuatan yang dimiliki oleh umat Islam dan akhirnya menyebabkan kekalahan. Dari hal ini saja bisa dijelaskan jika Allah adalah Maha Pemilik Kekuasaan yang bisa melakukan apa saja.

Mengendalikan nafsu sebagai bentuk untuk meneladani Al Malik adalah hal yang harus dilakukan. Jangan karena tidak ada yang melihat maka seseorang bisa melakukan apa saja, justru karena ada yang memiliki kekuasaan yang lebih besar sehingga seorang manusia harus menahan nafsunya agar tidak melakukan hal yang tidak baik.

Demikian penjelasan Al Malik artinya seperti apa dan cara meneladaninya. Harapannya dengan mempelajari salah satu nama baik dari Allah SWT, maka kita sebagai manusia akan semakin dekat dengan Sang Pencipta dan semakin meningkatkan keimanan kita.

Islam mengajarkan kebaikan dengan melalui apapun termasuk dengan mempelajari nama Al Malik. Allah yang Maha Raja pastinya juga selalu menyayangi umat-Nya dan memberikan yang terbaik untuk umat-Nya. Sehingga selalu bersyukur, memahami batasan, dan bisa menahan nafsu adalah jawaban untuk meneladani nama baik dari Allah SWT.