Nutrisi Bayi yang Penting Diberikan, Ibu Harus Paham!

Nutrisi Bayi yang Penting Diberikan, Ibu Harus Paham!
Posted by admin at October 03, 2022

Ketika bayi menginjak usia 6 bulan, ASI memang dibutuhkan namun bayi juga membutuhkan asupan makanan lain sebagai tambahan energi dan penunjang pertumbuhannya. Lantas, apa saja nutrisi bayi yang penting diberikan oleh ibu kepada si buah hati di usia lebih dari 6 bulan?

Pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara lengkap dan detail untuk Anda. Jadi simak baik – baik informasi lengkapnya berikut ini!

Nutrisi Bayi yang Penting Diberikan

Cukup banyak sebenarnya nutrisi penting yang harus diberikan oleh ibu selain ASI kepada si buah hati. ASI perlu diberikan selama 2 tahun, sementara di usia ke-6 bulan anak perlu diimbangi dengan pemberian MP-ASI.

Berikut nutrisi penting yang harus ada pada MP-ASI yang diberikan ibu kepada bayi :

1. Zat besi 

Zat besi merupakan mineral yang memainkan peran penting dalam proses produksi HB atau hemoglobin. Zat besi kehadirannya untuk melancarkan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Zat besi juga bertugas membantu perkembangan keterampilan sensor motorik dan memori otak si kecil. Agar kebutuhan zat besi bayi seimbang, pastikan Anda selalu memperhatikan agar si kecil mendapatkan 11 mg zat besi setiap harinya.
 
Zat besi sendiri bisa didapatkan dari berbagai macam bahan makanan seperti daging ayam, daging sapi, ikan, telur, brokoli, bayam dan alpukat.

2. Zinc 

Nutrisi zinc juga penting untuk menjaga otak bayi agar terus berkembang dan bergerak. Zinc berfungsi untuk membantu memproduksi sel darah putih yang dapat membantu melawan infeksi dan memastikan sel – sel tubuh bisa tumbuh dengan baik.

Jenis nutrisi berupa zinc ini bisa didapatkan dari beberapa bahan makanan seperti daging sapi atau pun daging ayam. Jadi bahan makanan tersebut mengandung nutrisi cukup kompleks karena selain mengandung zat besi juga mengandung zinc.

3. Kalsium dan vitamin D

Perkembangan tulang pada bayi sedang sangat aktifnya. Oleh karena itu dibutuhkan asupan kalsium dalam jumlah yang cukup untuk memperkuat tulang – tulang bayi. Selain kalsium yang dapat memperkuat tulang dan membantu perkembangan tulang agar kuat, vitamin D juga diperlukan.

Vitamin D ini fungsinya adalah sebagai suatu nutrisi yang membantu penyerapan kalsium yang diserap tubuh. ASI yang diberikan ibu memang sudah kaya kandungan kalsium, namun tetap butuh vitamin D agar proses penyerapan kalsium tersebut berjalan maksimal.

4. Omega-3 

Omega 3 bagi bayi sangat penting untuk membantu perkembangan otak dan mata. Berbagai macam penelitian juga turut mengungkapkan bahwa omega 3 akan membantu perkembangan kemampuan kognitif dari bayi.

Omega-3 termasuk lemak sehat yang sangat membantu tubuh dalam menyerap berbagai vitamin termasuk vitamin A dan juga vitamin E. Ada cukup banyak juga bahan makanan yang mengandung kandungan omega 3 di dalamnya seperti ikan salmon, alpukat, minyak zaitun, ikan tuna, telur dan sebagainya.

5. Vitamin A, B, C dan E 

Baik vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga vitamin E sama – sama sangat penting bagi tumbuh kembang bayi. Semua jenis vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk membantu proses perkembangan saraf, organ mata, kulit dan membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Jenis vitamin tersebut bisa didapatkan dari berbagai bahan makanan. Misalkan vitamin A bisa didapatkan dari bahan makanan wortel dan ubi. Vitamin B bisa didapatkan dari sayuran hijau dan pisang. Vitamin C bisa didapatkan dari berbagai jenis buah seperti jeruk, tomat, strawberry sampai melon. Sementara vitamin E bisa didapatkan dari biji – bijian termasuk kacang – kacangan.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang tentu menjadi hal sangat penting, hal lain yang tak kalah pentingnya diperhatikan orang tua adalah bagaimana cara mereka mendidik anak agar tumbuh dengan sifat yang baik.

Terkait ulasan tentang cara mendidik anak, baca : Cara Mendidik Anak Agar Patuh Kepada Orang Tua

Baca juga : Cara Mendidik Anak Agar Tidak Menjadi Pribadi yang Mudah Menyerah

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait apa saja nutrisi bayi yang penting diberikan untuk anak. Jadi pastikan pantau terus kesehatan buah hati Anda termasuk yang tak kalah harus diperhatikan adalah asupan nutrisinya.