Inspirasi Nama Anak Laki – Laki Lahir di Bulan Idul Adha

Inspirasi Nama Anak Laki – Laki Lahir di Bulan Idul Adha
Posted by admin at June 08, 2023

Hari raya idul adha akan tiba tak lama lagi. Banyak orang yang biasanya akan memberikan nama anaknya bertepatan dengan bulan, hari atau momentnya.

Bagi orang tua yang anaknya akan lahir bertepatan dengan bulan idul adha, berjenis kelamin laki - laki dan beragam islam mungkin Anda akan mencari inspirasi nama anak laki – laki yang sesuai dengan bulan idul adha.

Berikut akan kami ulas untuk Anda beberapa inspirasi nama anak yang unik dan bagus untuk laki – laki bertepatan dengan bulan idul adha. Cek yuk!

Inspirasi Nama Anak Laki – Laki Lahir di Bulan Idul Adha

Berikut beberapa ide dan inspirasi nama anak laki – laki lahir di bulan idul adha yang dapat menjadi inspirasi dan ide nama :

1. Adha

Yaps, Adha diambil dari kata idul adha dan memiliki arti pengorbanan. Nama Adha berawalan huruf A dan memiliki kesan yang tangguh untuk diberikan sebagai nama untuk si kecil. Orang tua yang ingin nama anak berawalan A dan identik dengan idul adha bisa menggunakan nama ini.

2. Aidil

Aidil merupakan nama dalam bahasa Arab yang juga memiliki arti adil. Aidil juga dapat diartikan sebagai kepribadian baik dan seseorang yang berbudi luhur.

Nama ini memiliki kaitannya dengan idul adha yang mana ketika daging kurban hasil idul adha dibagikan, proses pembagiannya harus dilakukan secara adil dan merata kepada orang – orang yang memang termasuk ke dalam kategori yang perlu menerima hasil daging kurban tersebut.

3. Aidan

Aidan merupakan nama bayi yang berasal dari kata ain-d-n yang artinya keabadian dan disebutkan di cukup banyak tempat dalam al-qur’an.

Aidan juga memiliki arti membawa manfaat untuk orang di sekitarnya. Bagi Anda yang ingin anak memiliki nama yang masuk di beberapa ayat al-qur’an dan memiliki makna yang bagus serta pengucapan atau pelafalan namanya juga bagus maka nama Aidan ini sangat dianjurkan untuk diberikan.

4. Ammar

Ammar memiliki arti yang sabar dan memiliki tutur kata lemah lembut. Ammar juga masih berkaitan dengan idul adha dan termasuk salah satu nama yang memiliki kesan Islami. Cocok untuk diberikan sebagai ide nama untuk anak laki – laki.

5. Arman

Idul adha merupakan bulan berkorban. Di bulan ini juga kita diajarkan untuk memberi kepada orang yang membutuhkan. Sementara Arman merupakan nama dengan arti kebiasaan menolong dan memberi.

Oleh karenanya, Arman sangat dianjurkan untuk diberikan kepada anak laki – laki terlebih kalau orang tua berharap anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang sesuai namanya yakni gemar menolong dan memberi.  

6. Alfahrezy

Arti dari nama Alfahrezy adalah selalu bersemangat. Dengan nama ini diharapkan anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang penuh semangat dan tidak mudah menyerah dalam mengarungi segala hal di kehidupan.

7. Bilal

Bilal artinya titisan embun. Bilal juga merupakan nama yang identik dengan kebiasaan mengumandangkan seruan sebelum sholat. Sebelum pelaksanaan sholat ied, seruan dari seorang bilal juga akan dikumandangkan.

Selain itu bilal juga merupakan nama salah satu sahabat nabi yang terkenal dengan keimanannya bahkan menjadi salah satu sahabat yang dijamin surga Allah untuknya.

8. Kaaf

Kaaf memiliki arti kesenangan dan bersemangat. Nama ini bisa menjadi semangat juga untuk anak dan sekaligus doa agar ketika dewasa nanti ia selalu menjadi pribadi yang penuh semangat dalam menjalani hari – harinya, aktivitasnya, pendidikannya, dan berbagai hal lain.

9. Ma’arif

Ma’arif memiliki arti bijaksana. Masih berkaitan dengan idul adha yang pembagian kurban harus bijaksana, maka Ma’arif juga dapat menjadi salah satu inspirasi nama anak laki – laki lahir di bulan idul adha yang cukup Islami dan bermakna.

10. Muzahhi

Muzahhi berasal dari bahasa Arab dan memiliki arti orang yang berkorban. Semoga anak kita bisa menjadi pribadi yang tidak egois dan mau berkorban.

11. Mashal

Mashal memiliki arti sebagai lelaki yang dapat menerangi sekitarnya. Mashal memiliki arti serupa nama Nur. Cocok juga menjadi ide nama untuk bayi laki – laki.

12. Naashir

Naashir artinya pribadi yang suka menolong. Memiliki anak yang suka menolong memang menyenangkan dan sekaligus membanggakan. Nama ini bisa diberikan sebagai doa untuk anak kita.

13. Raffi

Arti dari Raffi adalah derajad yang tinggi. Siapa sih orang tua yang tidak ingin anaknya memiliki derajad tinggi? Jika Anda menginginkannya, bisa memberikan nama Raffi sekaligus sebagai doa untuknya.

14. Rabbani

Rabbani artinya melakukan sesuatu hanya karena Allah. Di hari kurban yang memiliki arti bahwa manusia harus berkorban hanya karena Allah bukan hal lain termasuk makhluk-Nya maka nama ini bisa menjadi pengingat untuk anak agar kelak ketika dewasa apa yang dilakukan bukan untuk tujuan mendapatkan pujian atau sanjungan melainkan menjalankan segalanya untuk Allah.

15. Taqiyan/ Taqy

Taqiyan/ Taqy merupakan nama yang memiliki arti sama. Taqiyan/ Taqy memiliki arti orang yang bertakwa atau ahli takwa. Anda bisa memberikannya sebagai nama buah hati tercinta.

Inspirasi nama bayi laki – laki lainnya, baca : Rangkaian nama bayi laki laki

Demikian informasi yang kami dapat bagikan terkait ide dan inspirasi nama anak laki – laki  lahir di bulan idul adha yang bisa jadi inspirasi. Semoga si kecil menjadi anak yang saleh dan membanggakan ya moms!