Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang Mama Baru Wajib Tahu

Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang Mama Baru Wajib Tahu
Posted by admin at January 25, 2023

Sebagai mama baru memang bukan hal yang mudah. Terlebih karena pengalaman merawat bayi belum Anda miliki. Lalu, cara merawat bayi baru lahir seperti apa yang tepat?

Sebenarnya tidak ada kata yang paling tepat untuk merawat bayi karena setiap ibu pasti memiliki cara sendiri untuk memperlakukan bayinya. Berikut kami berikan tips dan cara merawat bayi baru lahir yang perlu mama pelajari!

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

1. Merawat dan menjaga kebersihan tali pusar bayi

Umumnya tali pusar bayi baru lahir akan mengering dan terkelupas dengan sendirinya di usia 7 hari. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan tali pusar bisa saja terlepas di usia 10 – 14 hari atau terkelupas lebih lama.
 
Selama tali pusar ini belum terkelupas, kebersihannya perlu dijaga. Cara menjaga kebersihannya seperti apa?

Salah satu cara merawat dan menjaga kebersihan dari tali pusar bayi adalah menjaganya tetap kering dan bersih, tidak terkena air seni atau feses. Jika tali pusar kotor, segera lap dengan waslap yang direndam dengan air bersih kemudian keringkan.

Jika terdapat tanda tali pusar infeksi seperti kemerahan atau bengkak maka segera konsultasikan ke dokter anak.

2. Menyusui bayi dengan benar

Jika bayi menunjukkan tanda – tanda lapar, segera susui dengan benar. Biasanya tanda – tanda lapar bayi ditunjukkan dengan tangan yang dikepalkan atau tangan yang dimasukkan ke dalam mulut, atau mengeluarkan suara seperti mengecap hingga menangis.
 
Susui ketika hal tersebut terjadi dan sesuai dengan keinginan bayi namun jangan menunggu ia menangis juga. Biasanya bayi akan menyusu setidaknya sekitar 30 menit setelah menyusu sebelumnya.

Jangan lupa sendawakan bayi setiap selesai menyusui dengan cara menggendong dan meletakkan bayi di dada sembari menepuk – nepuk bagian punggungnya dengan lembut sampai ia bersendawa.

3. Pantau terus berat badan bayi

Bayi baru lahir memiliki cairan yang sangat banyak di tubuhnya dan akan cepat hilang dalam beberapa hari. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap berat badan bayi yang biasanya berkurang setelah lima hari kelahirannya. Namun jangan khawatir karena berat badan tersebut akan kembali naik di hari – hari selanjutnya.
 
Sebagian besar bayi akan tumbuh dengan cepat utamanya setelah hari ketujuh sampai kesepuluh dan di minggu ketiga sampai minggu keenam. Itulah yang disebut sebagai masa pacu tumbuh atau growth spurt dan harus dimaksimalkan dengan memberi ASI eksklusif.

Pertumbuhan berat badan bayi sampai usia 1 bulan rata – rata mencapai 20 – 30 gram per hari. Pada usia tersebut, berat badan bayi normalnya sudah mencapai 4 kg.

Selain itu, Anda juga perlu tahu bagaimana pentingnya kenaikan berat badan bayi dan terus menambah informasi tentang hal tersebut. Baca: Wajib Tahu, Pentingnya Kenaikan Berat Badan Dan Tips Agar Bayi Gemuk Sehat

4. Pahami waktu tidur si kecil

Dalam sehari, waktu total tidur bayi bisa mencapai 20 jam. Biasanya waktu tidurnya akan terbagi dalam 20 menit sekali sampai empat jam.

Untuk mencukupi kebutuhan waktu tidurnya itu, mama perlu membuat suhu kamar bayi menjadi sejuk. Artinya jangan terlalu dingin namun jangan juga terlalu panas. Cukupi kamar bayi dengan cahaya dan ventilasi yang cukup.

Pastikan juga agar ia tidur di alas kasur yang rata dan terhindar dari benda – benda yang dapat menutup area tubuh dan kepalanya.

5. Kenali pola buang air kecil dan BAB bayi

Bayi baru lahir umumnya akan buang air kecil dalam 24 jam dan buang air besar dalam 48 jam pertama di kehidupannya. Setelahnya bayi akan buang air kecil selama 5 – 6 kali dalam sehari dan buang air besar selama 3 – 4 kali dalam sehari.

Mama harus kenali pola tersebut. Kenali juga warnanya. Warna urin bayi yang baik adalah jernih dan tidak pekat. Sementara warna fesesnya akan berubah menjadi hitam pekat di hari pertama menjadi kehijauan dan kekuningan di hari kelima.

Jika perubahan warna tidak terjadi, lakukan evaluasi terhadap ASI dan konsultasikan gejala tersebut ke dokter jika memang diperlukan.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait cara merawat bayi baru lahir. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi ulasan yang inspiratif dan membawa manfaat khususnya bagi mama baru. Semangat ya moms!