Jangan Panik, Berikut 7 Cara Mengatasi Bayi Cegukan yang Perlu Diketahui Orang Tua

Jangan Panik, Berikut 7 Cara Mengatasi Bayi Cegukan yang Perlu Diketahui Orang Tua
Posted by admin at February 03, 2021

Apabila bayi mengalami cegukan selama terus menerus tentunya akan membuat orang tua menjadi khawatir. Padahal cegukan yang terjadi pada bayi atau balita merupakan hal yang normal dan juga tidak berbahaya. Namun, apabila terjadi terus menerus maka orang tua perlu mengetahui cara mengatasi bayi cegukan agar bisa meredakannya.

Berikut Beberapa Cara Untuk Atasi Bayi Yang Sedang Cegukan

  1. Membawa Bayi ke Tempat Hangat

Hal pertama yang bisa anda lakukan ketika bayi mengalami cegukan adalah membawanya ke tempat yang hangat. Untuk itu, anda bisa membawa dan menaruh si kecil pada tempat yang lembab dan cukup hangat. Bagi anda yang sedang berada di ruangan AC sebaiknya anda segera mematikan air conditioner tersebut atau meninggalkan ruangan.

Sebab ketika bayi sedang cegukan, sebisa mungkin anda membawanya untuk menghindari tempat yang dingin. Hal ini dikarenakan salah satu penyebab dari cegukan adalah perubahan temperatur yang menjadi lebih dingin. Oleh karena itu, anda pun bisa menggunakan cara satu ini untuk atasi bayi yang sedang cegukan.

  1. Memeluk Bayi

Ketika bayi sedang mengalami masalah satu ini, anda juga bisa untuk memeluknya. Sebab, cara mengatasi bayi cegukan dapat dilakukan dengan metode yang cukup sederhana. Dengan memberi pelukan kepada bayi, ternyata mampu untuk memberikan ketenangan pada tubuhnya yang mungil.

Hal ini disebabkan cegukan tersebut dapat mengganggu bayi itu sendiri. Untuk itu, sebagai orang tua anda bisa mencoba untuk memeluknya dalam waktu beberapa menit saja sembari menggendongnya. Nantinya, lama kelamaan si kecil akan mulai berhenti cegukan dan bisa kembali dalam keadaan yang normal.

  1. Mengatur Posisi Menyusui Dengan Tepat

Ketika anda sedang menyusui, ternyata kerap kali udara juga ikut masuk ke dalam mulut bayi. Sehingga dengan adanya udara tersebut akan mampu menyebabkan terjadinya cegukan. Umumnya, untuk mengatasi cegukan pada bayi yang baru lahir ini adalah dengan mengubah dan mengatur posisi menyusui yang tepat.

Dengan begitu, setelah anda memperbaiki posisi untuk menyusui yang pas, maka bayi pun nantinya tidak akan kemasukan udara lagi. Namun, apabila cegukan masih belum juga berhenti maka sebaiknya anda menghentikan untuk sementara proses menyusui tersebut. Hal ini dikarenakan untuk menghindari resiko bayi agar tidak tersedak.

Selain itu, anda juga perlu untuk mengecek posisi menyusui. Apakah telah benar atau belum tepat. Umumnya, posisi menyusui yang dianjurkan adalah ketika puting dan areola atau bagi kulit yang memiliki warna lebih gelap yang melingkar pada puting tersebut masuk ke dalam mulut bayi.

Selanjutnya, anda bisa memposisikan perut bayi berhadapan langsung dengan perut anda. Dengan begitu, cara mengatasi bayi cegukan dapat dilakukan dengan metode satu ini. Selain itu, dengan menggunakan posisi tersebut ternyata mampu untuk membantu bayi agar bisa menerima ASI dengan baik dan mampu menghindari cegukan.

  1. Dengan Memberikannya ASI

Tak hanya mengatur posisi menyusui yang tepat, ternyata memberikan ASI juga mampu untuk atasi cegukan yang terjadi pada bayi. Pasalnya, gerakan yang terjadi saat proses menyusui akan membantu diafragma pada si kecil menjadi lebih rileks. Dengan begitu, cegukan pun nantinya akan berhenti.

Setelah proses menyusui selesai, maka anda bisa untuk membiarkan bayi agar bersendawa. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi udara yang sebelumnya terjebak pada perut si kecil. Cara mengatasi bayi cegukan ini dapat anda coba ketika si kecil mengalami masalah tersebut.

  1. Menggendong Dalam Posisi Tegak

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk atasi bayi yang sedang cegukan adalah dengan menggendongnya. Namun anda tak bisa sembarangan di dalam menggendong bayi tersebut. Melainkan anda harus menggendong si kecil dalam posisi yang tegak. Usahakan anda melakukan cara ini dalam waktu sekitar 20 menit.

Kemudian anda pun bisa menggoyang badan bayi dengan cara yang perlahan saja. selain menggoyang badan bayi, anda juga bisa untuk menggosok punggungnya dengan lembut. Hal ini akan membantu untuk menghilangkan cegukan yang dialami oleh bayi. Oleh karena itu, apabila si kecil mengalami masalah demikian maka tak ada salahnya untuk mencoba.

  1. Pangkulah Dalam Posisi Tegak Setelah Menyusui

Apabila si kecil mengalami cegukan, ada baiknya setelah menyusui anda tidak terburu buru untuk membaringkannya. Untuk itu, langkah yang sebaiknya anda lakukan adalah dengan memangku si kecil dalam posisi yang tegak. Kira kira nantinya anda akan membutuhkan waktu yakni sekitar 20 menit setelah proses menyusui selesai.

Hal tersebut memiliki tujuan agar nantinya udara dapat naik ke atas perut. Dengan begitu, cara ini akan mampu untuk mengurangi tekanan yang terjadi pada diafragma. Sehingga nantinya si kecil pun akan bisa bersendawa dan cegukan menjadi menghilang. Anda pun perlu melakukannya secara tepat dan tidak boleh sembarangan.

  1. Memberinya Makanan Sedikit Demi Sedikit

Cara mengatasi bayi cegukan lainnya adalah dengan memberikan makan sedikit demi sediki. Metode satu ini dapat anda lakukan ketika bayi telah bisa untuk mengkonsumsi makanan pendamping ASI. Sehingga, untuk menghindari cegukan maka anda bisa memberikannya makanan. Biarkan si kecil secara perlahan lahan menelannya.

Namun, apabila si kecil mengalami cegukan yang disertai dengan adanya muntahan maka sebaiknya anda segera membawanya ke dokter. Sebab hal tersebut dapat mengindikasikan terjadi masalah dalam pencernaannya. Oleh karena itu, anda tetap perlu waspada meskipun pada umumnya cegukan dapat hilang dengan sendirinya ketika si kecil telah terlelap dalam tidur.


Share