Cara Memilih Nama Anak Sesuai Sunnah Islam

Cara Memilih Nama Anak Sesuai Sunnah Islam
Posted by admin at September 17, 2022

Setiap orang ingin berusaha memberi nama terbaik untuk anak – anaknya. Termasuk untuk pasangan yang beragama Islam, tentu ingin memberi anaknya nama sesuai sunnah agama yang dianutnya yaitu Islam.

Nah, bagi Anda pasangan beragam muslim yang ingin memberikan anak nama sesuai sunnah Islam, berikut kami akan bagikan tips dan trik cara memilih nama anak sesuai sunnah Islam yang tepat. So, let’s check these out!

Cara Memilih Nama Anak Sesuai Sunnah Islam

1. Memperhatikan waktu yang tepat dalam pemberian nama

Dalam sebuah hadist, Abu Musa mengatakan, “Anak laki – lakiku lahir, selanjutnya aku membawanya kepada Nabi SAW dan beliau memberinya nama Ibrahim (anak tertua Abu Musa) beliau menyuapinya dengan kunyahan kurma dan kemudian mendoakannya keberkahan untuknya. Setelah itu menyerahkannya kepadaku” (HR. Bukhari).

Hadist tersebut bermakna bahwa sahabat Rasulullah memberikan anak mereka nama segera setelah anak tersebut lahir dengan nama – nama yang bermakna bagus. Dalam Islam, ada beberapa waktu terbaik dalam pemberian nama anak yaitu di hari kelahirannya, sampai hari ketiga dan juga di hari ketujuh setelah kelahirannya.

Hal tersebut juga merupakan sebuah sunnah yang perlu dilakukan dan akan sangat baik untuk diikuti karena berlama – lama memberikan nama juga kurang bagus. Jadi berilah nama anak sesegera mungkin. Jika perlu siapkan nama sejak anak masih berada dalam kandungan.

2. Berikan nama yang baik untuk anak

Pepatah mengatakan nama adalah doa. Jadi pastikan berikan doa dan harapan terbaik untuk si buah hati. Nama yang baik bisa diambil dari nama – nama Islami, nama para nabi, atau diambil dari Asmaul Husna atau nama – nama Allah yang baik agar bisa menjadi pengingat tentang agama untuk anaknya ketika tumbuh dewasa nanti.

3. Hindari menggunakan nama dengan arti yang buruk

Memastikan bahwa bayi memiliki nama dengan arti yang baik sangatlah penting. Hindari penggunaan nama yang mengandung arti buruk dan dapat berdampak pada kehidupan anak kelak di dunia atau di akhirat.

Rasulullah SAW bersabda,
“Sesungguhnya nama yang paling Allah benci adalah seseorang yang bernama Malakul Amlak (raj diraja),” (HR. Bukhori dan Muslim).

Sebagai seorang muslim, jangan memberi nama yang Allah benci. Selain nama tersebut, ada juga nama – nama yang dalam Islam memiliki arti buruk dan perlu dihindari pemberiannya kepada sang buah hati.

Beberapa nama yang dalam Islam dibenci Allah di antaranya :

  • Harb = perang
  • Murrah = pahit
  • Zana = berzina
  • Wati = bersetubuh
  • Zaqwan/ Zaquan = anak jin
  • Malikul Amlaak = raja diraja
  • Qistina/ Kistina = penghulu jin

4. Menghindari penggunaan nama yang Allah benci

Hal yang tentu menjadi pertanyaan adalah apa saja sih nama yang Allah benci dan tidak dianjurkan diberikan kepada sang buah hati?

Ada beberapa nama kurang baik diberikan kepada anak yaitu menggunakan nama yang Allah benci. Cara memilih nama anak sesuai sunnah Islam yang satu ini juga perlu dipahami.
 
Adapun nama – nama yang sejarahnya merupakan nama dewa, nama matahari, berhala dan nama yang mengandung unsur pemujaan terhadap sesuatu selain Allah dilarang diberikan. Hukumnya makruh memberikan nama semacam itu kepada sang buah hati.

Selain itu, nama tersebut berpotensi menjadi bahan olok – olokan di antar teman – teman sang anak ketika sudah memasuki dunia sekolah.

Sebagai contoh nama – nama yang Allah benci seperti :

  • Abdur Rasul = penyembah nabi
  • Abdull ‘Izza = Izza adalah nama idola
  • Abdus Syamsu = penyembah matahari

5. Menggunakan nama nabi atau rasul

Allah menganjurkan agar umatnya nabi Muhammad SAW menggunakan nama – nama nabi sebagai nama inspirasi untuk sang buah hati. Jika anaknya adalah anak laki – laki, dalam Islam perlu menambahkan Muhammad di depan nama panjang sang anak.

Menurut hadist, pemberian nama anak dengan penambahan Muhammad di bagian depan akan memberikan keselamatan, doa, dan penambah rejeki bagi orang tua dan sang anak.

Selain memberikan nama yang baik, hal yang juga perlu diketahui orang tua dalam mendidik anak adalah berusaha menjaga kenaikan berat badan sang anak agar ia bisa tumbuh menjadi anak yang sehat. Baca : Wajib Tahu, Pentingnya Kenaikan Berat Badan Dan Tips Agar Bayi Gemuk Sehat

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait cara memilih nama anak sesuai sunnah Islam yang penting diketahui. Berikan nama yang terbaik untuk anak karena nama adalah doa, jangan sampai asal ya memberikan nama.