5 Langkah Mudah Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi, Orang Tua Wajib Tahu

5 Langkah Mudah Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi, Orang Tua Wajib Tahu
Posted by admin at February 09, 2021

Stimulasi pada bayi sangat diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang bagi si kecil. Oleh karena itu, orang tua perlu tahu hal hal apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat bayi menjadi lebih berkembang. Dalam ulasan kali ini akan diulas beberapa cara untuk stimulasi tumbuh kembang bayi yang perlu untuk diketahui orang tua. Simak selengkapnya.

Bagaimana Cara Memberikan Stimulasi yang Tepat Kepada Bayi?

  1. Pada Indra Perasa

Untuk memberikan stimulasi indra perasa pada si kecil, anda bisa memulainya dari bayi dengan memberikan ASI eksklusif. Dalam hal ini ibu dapat mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang berbeda. Sehingga, nantinya rasa makanan dan juga nutrisi yang diserap oleh ASI dapat dirasakan oleh bayi anda.

Menginjak usia 6 bulan, ibu juga bisa mulai mengenalkannya dengan makanan pendamping ASI atau MPASI. Hal ini bertujuan untuk membuat si kecil terbiasa mengkonsumsi berbagai makanan sekaligus. Selain itu, dengan pemberian MPASI pada bayi juga akan membantu untuk proses stimulasi tumbuh kembang bayi.

Pasalnya, disini si kecil akan mengenali berbagai jenis makanan dengan beraneka tekstur yang berbeda pula. Sebut saja seperti rasa manis yang dihasilkan dari ubi dan buah buahan yang ditumbuk. Sedangkan untuk rasa asin bisa anda dapatkan dari sup ayam dan keju. Dan bagi anda yang ingin memberikan rasa asam, bisa dengan mencampurkan yogurt.

  1. Indra Penciuman

Cara menstimulasi perkembangan bayi pada indra penciuman juga bisa dilakukan oleh orang tua. Akan tetapi, pada umumnya bayi sudah bisa mencium aroma sejak ia lahir. Hal ini dikarenakan bayi mampu untuk mengenali aroma tubuh dari ibunya dan juga aroma ASI yang dikonsumsinya.

Bahkan dengan adanya aroma tersebut disekitarnya mampu membuat bayi menjadi lebih aman dan nyaman. Disamping itu, orang tua juga bisa untuk merangsang stimulasi tumbuh kembang bayi dalam indra penciuman dengan menggunakan aromaterapi. Berikan aroma yang lembut seperti minyak almond, minyak telon hingga wangi lavender dan daun mint.

Dengan memberikan aroma tersebut dapat membuat bayi menjadi lebih tenang dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Namun, menginjak usia 6 bulan si kecil mulai menggunakan indra penciumannya untuk memilih jenis makanan yang disukainya atau tidak. Sehingga ibu pun bisa memberikannya makanan yang berbeda setiap harinya.

  1. Merangsang Stimulasi Pada Indra Peraba

Selanjutnya untuk merangsang stimulasi pada indra peraba, maka orang tua bisa memeluk atau menggendong si kecil. Bahkan beberapa ayah dan ibu juga bisa menggunakan teknik kanguru. Metode satu ini dipercaya mampu membuat si kecil menjadi lebih nyaman. Selain itu, teknik kanguru juga akan membantu memperkuat ikatan batin antara orang tua dan bayi.

Namun, selain dengan menggunakan pelukan dan gendongan, cara untuk memberikan stimulasi tumbuh kembang bayi dalam indra peraba adalah dengan buku atau mainan. Disini, orang tua bisa untuk memberikan buku yang dilengkapi dengan gambar timbul maupun mainan dengan tekstur halus untuk merangsang indra perabanya.

  1. Stimulasi Pada Indra Pendengaran

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya bayi telah mulai untuk mendengar sejak ia masih berada di kandungan. Ketika berada di rahim, umumnya bayi telah mampu untuk mendengar suara detak jantung dari ibunya. Selain itu, suara ibu dan ayah juga telah bisa didengar ketika berada di kandungan.

Sehingga, ketika bayi lahir maka kemungkinan besar si kecil telah mengenal suara ibu dan ayah. Dengan begitu, untuk  memberikan stimulasi pada bayi pada indra pendengarannya, ibu bisa dengan mengajaknya bernyanyi, berbicara dan juga mendongeng. Selain itu, orang tua juga bisa untuk memutar musik dengan irama yang menenangkan dan lembut untuk bayi.

Pasalnya, dengan menggunakan aktivitas tersebut akan mampu untuk melatih indra pendengar dan kemampuan anak di dalam memberikan respons terhadap suara dan meningkatkan kosakatanya. Anda pun bisa melakukan kegiatan satu ini secara rutin dalam waktu sekitar 10 menit setiap harinya.

  1. Indra Penglihatan

Selanjutnya pada indra penglihatan, untuk memberikan stimulasi tumbuh kembang bayi pada indra ini bisa dilakukan secara bertahap. Hal tersebut dikarenakan saat pertama lahir, si kecil hanya memiliki kemampuan untuk melihat yang terbatas. Sebab, ia hanya bisa untuk melihat sesuatu dengan jarak pandang yakni sekitar 20 hingga 30 cm saja.

Tak hanya itu saja, bayi juga belum bisa untuk membedakan warna. Dengan begitu, warna yang mampu dilihatnya hanyalah hitam dan putih saja. akan tetapi, si kecil telah mampu untuk melihat beberapa wajah orang yang sering berinteraksi dengannya. Namun, perkembangan tersebut telah meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Ketika memasuki usia 4 bulan, maka bayi sudah mulai bisa untuk membedakan berbagai macam warna. Untuk itu, orang tua perlu melakukan beberapa hal untuk menstimulasinya. Diatanya adalah dengan bermain cilukba kepada anak. Dengan begitu, hal tersebut akan mampu untuk membantu adanya koordinasi antara gerakan tangan dan juga mata.

Selain itu, anda juga perlu untuk mengajaknya bicara. Meskipun bayi belum mengerti dengan bahasa atau apa yang anda katakan, namun dengan berbicara maka bayi akan mempelajari bagaimana ekspresi orang yang ada di sekitarnya. Tak hanya itu saja, anda juga bisa untuk mendekorasi kamar bayi yang anda miliki dengan warna yang lebih cerah.

Itulah beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk memberikan stimulasi terhadap tumbuh kembang si kecil. Peran orang tua sangat penting di dalam perkembangan si kecil. Oleh karena itu, anda pun bisa mulai menerapkan beberapa cara tersebut agar bayi dapat tumbuh dengan baik.


Share